Senin, 02 November 2015

Untuk Menjalin Tali Paseduluran dengan Mahasiswa Baru KAMARESA mengadakan MAKRAB di Semirang

     Sekitar kurang lebih 40 mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang berasal dari kabupaten Rembang mengikuti Makrab (Malam Keakraban) yang diselenggarakan oleh Orda KAMARESA (Keluarga Mahasiswa Rembang di Semarang). Kegiatan Makrab ini diselenggarakan pada tanggal 31 oktober-1 november dengan mengambil  lokasi kegiatan di wisata alam Curug Semirang, yakni tepatnya di Dusun Gintungan Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten semarang. Acara ini dilaksanakan setelah sebelumnya membuka rekrutmen anggota selama masa OPAK UIN Walisongo pada bulan agustus lalu.
Agenda Makrab ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahunnya sebagai tindak lanjut dari agenda pra-Makrab, yakni ta’aruf. Tujuan diadakannya Makrab ialah menjalin keakraban antar mahasiswa asal Rembang. Substansi dari Makrab ini sendiri ialah menciptakan suasana akrab dan menumbuhkan rasa ‘paseduluran’ di kalangan mahasiswa UIN Walisongo yang berasal dari Kabupaten Rembang, serta memupuk semangat cinta daerah. 
       Dalam kegiatan Makrab tersebut tersusun atas beberapa agenda, diantaranya Pembukaan diteruskan dengan agenda ke-KAMARESA-an yang berisikan materi pengenalan tentang Organisasi KAMARESA meliputi profil, sejarah, visi-misi, program kerja, dan lain sebagainya yang berkenaan dengan kekeluargaan dengan Sedulur Muh. Habib (Ketua Umum Kamaresa 2010-2013) sebagai narasumber sekaligus memberikan pembekalan kepada sedulur baru pengetahuan keorganisasian. Agenda dilanjutkan dengan api unggun  dan pensi yang dilaksanakan mulai pukul 20.00-22.00 wib, dilengkapi dengan agenda renungan di dinihari, senam dan outbond di pagi hari yang diwarnai game-game seru yang terbagi dalam lima pos sepanjang pendakian menuju lokasi wisata. Agenda ditutup dengan wisata di air terjun Curug Semirang.
     Selain diikuti oleh Maba sebagai peserta, panitia dan segenap jajaran pengurus, Kegiatan makrab ini juga dihadiri oleh beberapa pihak lain, diantaranya alumni, tamu perwakilan dari KBRS (Keluarga Besar Rembang Semarang), serta delegasi dari Orda tetangga yakni KMPP (Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Pati).
      Kegiatan Makrab tersebut berjalan dengan cukup lancar, meskipun banyak kekurangan dan hambatan di berbagai sisi, namun kekurangan dan hambatan itu lah yang menjadi ujian bagi kekompakan yang memperkuat dan mempererat rasa paseduluran diantara panitia dan khususnya, dan juga segenap pengurus dan peserta Makrab.

0 komentar:

Posting Komentar